Selasa, 29 Maret 2011

Nama : Moh Thoriqul Huda

Etnografi
Etnografi ditinjau secara harfiah berarti tulisan atau laporan tentang suatu suku bangsa yang ditulis oleh seorang antropolog atas hasil penelitian lapangan selama beberapa waktu yang relative.
Beberpa Tokoh antropologi mengungkapkan pendapatnya tentang etnografi diantaranya adalah:
- adamson hoebel secara ringkas menegaskan bahwa “the foundation of cultural antropologhy is etnografi” (dasar antropologi cultural adalah etnografi).
- Anthony F.C Wallace mengatakan bahwa “all of the comparative and theoretical work of cultural antropologhy depends upon trough and precise enthnographic description” (semua karya komparatif dan teoritis antropologi cultural tergantung pada deskriptif etnografi yang cermat dan mendalam).
- Terakhir adalah kutipan dari james spardley sendiri yang mengatakan bahwa “ethnography fieldwork is the hallmark of cultural etnography” ( kajian lapangan etnografi adalah tonggak antropologi kultuural).
Dari beberapa pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian lapangan etnografi merupakan salah satu bagian dari ilmu antropologi yang bersifat cultural atau budaya,
Cirri dari penelitian lapangan etnografi adalah sifatnya yang holistic - integrative, thick description, dan analisa kualitatif dalam rangka mendapatkan Native points of view, sdangkan teknik pengumpulan data yang utama adalah Observasi- Pasrtisipasi, dan juga wawancara terbuka dan mendalam yang dilakukan dalam jangka waktu yang relative.
Asal Mula Etnografi
Ketika membicarakan etnografi maka tidak akan lepas dari antropologi, antropologi muncul pada paruh kedua abad ke-20, kemudian berlanjut hingga pada ahir abad 19 W.H.R Rivers dari inggris dan Franz boas dari amerika serikat mereka berdua melakukan penelitian secara langsung dilapangan, dimana mereka ahirnya menemukan metode wawancara yang khas yang disebut dengan istilah “ genealogical methode” Pada masa awal ini teknik etnografi yang uatama adalah wawancara berulang ulang kali, dengan beberapa informan kunci dalam suatu komunitas yang menjadi objek penelitian.

Etnogarafi Modern
Metode etnografi yang umum baru muncul pada tahun 1915-1925 dan dipelopori oleh dua tokoh ahli aantropologi sosial A.R radcliffe- Brown dan bronislow malinow ski dari inggris, ciri utama yang membedakan mereka dengan etnografer tempo dulu adalah mereka keduanya tidak terlalu memandang penting hal ihwal yang berhubungan dengan sejarah suatu kelompok masyarakat, perhatian utama mereka di titik beratkan pada kehidupan masa sekarang yang sedang dijalani oleh anggota masyarakat yaitu tentang way of life masyarakat tersebut.
Menurut mereka tujuan dari etnogafi adalah untuk mendeskripsikan dan membangun struktur sosial dan budaya suatu masyarakat, dalam hal ini seorang etnografer tidak hanya melakukan wawancara pada informan saja melainkan harus praktek sendiri dan berpartispasi di masyarakat yang menjadi objek penelitian.



Etnografi baru
Etnografi baru mulai berkembang sejak tahun 1960-an, metode ini bersumber dari suatu aliran baru dalam ilmu antropologi yang disebut Cognitive antropologhy.
Dalam etnografi modern seorang etnografer mendeskripsikan suatu kelompok masyarakat melalui analisis dan nalar dari dirinya sendiri, sedangkan dalam etnografi baru ini adalah mengunggah apa yang ada dalam Fikiran masyarakat, jadi tugas seorang peneliti adalah mengunggah apa yang ada dalam fikiran masyarakat tersebut yang kmudian mendiskripsikan pola yang ada dalam fikiran masyarakat yaitu melalui metode folk taxomony,
Yang dikembangkan oleh spardley, metode yang dikembangkannya termasuk dalam antropologi kognitif, spradley merupakan generasi kedua yang mengembangkan dan merombak aliran antropologi kognitif yang pada generasi awal dikembangkan oleh goodenough, spradley kemudian mendefinisikan budaya sebagai sistem pengetahuan yang diperoleh manusia melalui proses belajar yang merekan gunakan untuk menginterpretasikan dunia dan sekaligus untuk menyusun strategi perilaku dalam menghadapi dunia sekeliling mereka.
Satu hal lagi yang kemudian membedakan antara etnografi modern dan etnografi baru adalah, kalau etnografi modern lebih menganggap bahwa antropologi adalah suatu ilmu tentang masyarakat pinggiran yang terisolasi dari kecanggihan teknologi (primitif), sedang etnografi baru menganggap bahwa antropologi adalah suatu ilmu yang berfungsi untuk memahami masyarakat kita sendri dan masyarakat multikultural diseluruh dunia.
Spradley kemudian menerapkan metode panduan yang khas, metode ini dinamakan dengan the development research squence atau alur penelitian maju bertahap yang terdiri atas 5 prinsip:
a. Teknik tunggal, spradley menganjurkan agar para peneliti menggunakan teknik tunggal saja dalam melakukan penelitian lapanngan, teknik yang sering digunakan adalah wawacara etnografi
b. Identifikasi tugas, setelah menentukan salah satu teknik penelitian serang peneliti pemula harus mengenali langkah langkah pokok yang harus diambil dalam menjalankan teknik tersebut, dalam teknik wawancara etnografi spradley telah menggariskan 12 langkah pokok yang harus dilalui.
c. Maju bertahap, dalam menjalankan penelitian sebaiknya langkah pokok tersebut dijalankan dengan berurutan atau maju secara bertahap
d. Penelitian orisinal, dalam artian teknik yang sudah kita tentukan harus dilakukan dalam praktik penelitian sungguhan tidak hanya dalam latihan saja.
e. Problem – sloving, artinya penelitian yang telah dilakukan tersebut kemudian mampu menyelesaikan masalah yang ada dalam suatu keompok masyarakat tersebut, tidak hanya melakukan penelitian tapi tanpa ada hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar